bahan hyget

Bahan Hyget, Karakteristik, Jenis & Tips Perawatan

Bahan Hyget – Dalam perkembangan dunia fashion pada saat ini sangat mempengaruhi kebetuhan pasar akan jenis kain. Dilihat dari sisi kegunaannya, jenis kain sangat beragam, mulai dari industri bridal, kebutuhan akan kain interior, hingga kain yang digunakan dalam pembuatan kaos.

Dalam industri kaos sendiri, penggunaan kain sangat dipengaruhi atas material yang diusungnya. Salah satu jenis bahan kaos yang sering digunakan atas kain hyget. Selain mudah ditemukan, jenis kain ini terbilang dalam kategori bahan kaos dengan harga yang murah dibandingkan bahan kaos lainnya. Kain hyget sendiri menjadi primadona untuk jenia kaos yang banyak digunakan pada saat kampanye.

Apa itu Kain Hyget?

Bahan kaos hyget merupakan bahan kain yang terbuat dari material campuran antara polyester dan katun. Kain ini menghadirkan jenis kain yang mempunyai ketebalan standart dan harga yang terbilang murah. Dengan karakteristik tipis dan tidak mudah menyerap keringat, kain ini mempunyai pangsa pasar sendiri terutama pada musim kampanye.

Karakteristik Kain Hyget

jenis kain mempunyai karakteristik yang berbeda untuk membedakan antara kain yang satu dengan yang lain.

  1. Mempunyai ketebalan kain yang terbilang tipis
  2. Dikarenakan terbuat dari campuran polyester dab katun, membuat kain hyget tidak mudah menyerap keringat.
  3. Harga yang terbilang murah sehingga sangat terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.
  4. Mempunyai permukaan yang sedikit mengkilap.
  5. Jenis kain yang terbilang lentur.
  6. Tidak mudah kusut sehingga tidak perlu perawatan khusus.

Jenis Kain Hyget

Kain Hyget Tipis

Jenis kain ini sering digunakan dalam pembuatan kaos kampanye. Mempunyai harga paling murah dan paling tipis dibandingkan jenis kain hyget yang lainnya. Dengan kualitas kain yang paling rendah, kain ini akan teraa panas ketika digunakan.

Kain Hyget Biasa

Kain hyget biasa mempunyai kualitas diatas kain hyget tipis. Kain ini selain menjadi pilihan sebagai bahan kain untuk kaos kampanye, juga sering digunakan dalam pembuatan kaos event. Ciri khas dari kain ini adalah harganya yang murah tidak jauh berbeda dengan kain hyget tipis.

Kain Hyget Premium/Super

Kain hyget yang satu ini mempunyai ketebalan yang baik dan mempunyai daya serap keringat lebih dibanding 2 jenis kain hyget sebelumnya. Tekstur yang dihadirkan dari kain hyget premium adalah lebih tebal dan lebih kuat. kain ini sering diaplikasikan dalam pembuatan kaos bola dan juga kaos event.

Kain Hyget Balon

Kain hyget balon mempunyai tekstur kain yang sangat lembut dan adem. Kain jenis ini mepunyai material spandek didalamnya sehingga kelembutannya dianggap seperti kain sutra. Dengan sifat kain yang lentur, membuat kain ini mempunyai karakter mirip kain spandek. Soal harga, kain ini mempunyai harga diatas kain hyget premium. Kain hyget balon sering digunakan dalam pembuatan busana muslim atau jilbab bergo.

Kain Hyget Serena

Pencapaian kain hyget tertinggi berada pada kain hyget serena. Kain jenis ini mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang paling mahal dalam kelas kain hyget. Tekstur yang rapi, padat, lentur, adem dan tebal menjadi ciri khas tersendiri dari jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan jersey ini. Dikarenakan mempunyai campuran nylon, kain ini memiliki daya serap yang dianggap cukup bagus.

Pengaplikasian Kain Hyget

Kain hyget dikenal sebagai jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan kaos. Namun seiring dengan perkembangan dunia fashion, kain ini mempunyai fungsi lain dalam penggunaannya.

T-shirt / Kaos Oblong

Kaos oblong merupakan jenis pakaian yang digunakan untuk menutup bagian tubuh lelaki bagian atas. Kaos oblong biasanya tidak mempunyai kancing, kerah atau saku. Bahan hyget mempunyai posisi tersendiri dari industri konveksi, dan primadona dalam hal pembuatan kaos partai atau olahraga.

Hal ini sering ditemukan dalam pembuatan kaos event atau partai dengan menggunakan jenis hyget tipis dan biasa. Sedangkan jenis hyget super dan serena sering digunakan dalam pembuatan kaos jersey.

Jilbab

Perkembangan dunia fashion menuntut para pelaku industry konveksi untuk lebih kreatif dalam menetukan bahan kain yang akan digunakan. Jilbab bergo yang biasanya terbuat dari material kain polyester, saat ini sudah banyak ditemukan jenis jilbab bergo yang menggunakan kain hyget. Kain hyget yang dipih untyuk pembuatan jilbab bergo adalah jenis kain hyget balon dengan karakter kain yang lembut. adem dan juga lentur. Janis kain ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan bergo mulai dari jenis pet bergo hingga basic bergo kain hyget.

Gamis

Model fashion yang saat ini mempunyai pasar yang tinggi di Indonesia adalah gamis. Pakaian muslim yang satu ini mempunyai bentuk terusan lurus, panjang dan longgar yang menutup bagian tubuh dari leher hinga mata kaki. Pembuatan pakaian gamis banyak ditemukan dipasaran menggunakan bahan hyget balon sama halnya dengan jilbab bergo. Dengan harga bahan pokok yang terbilang ekonomis, diharapkan harga jual dari gamis ini mampu masuk pasar dan menjangkau semua kalangan masyarakat.

Tips Memilih Kain Hyget

Berikut merupakan beberapa tips dalam memilih kain hyget dipasaran jika Anda berniatnya membeli dari pasar online.

  1. Saat ini beredar banyak toko online kain baik yang menggunakan media website, media social ataupun website. Pilihlah toko online yang memiliki reputasi baik dan mengerti akan kain. Terlebih jika Anda ingin berbelanja dalam jumlah besar, pastikan customer service memberikan info produk dengan benar dan mempunyai product knowledge yang mumpuni atas produk yang dijualnya.
  2. Perhatikan deskripsi dan spesifikasi produk yang akan Anda pilih. Karena detail informasi inilah yang akan memberikan gambaran fisik kain secara jelas.
  3. Pastikan kembali jenis dan warna kain sesuai dengan tujuan pemakaian. Banyak yang tergiur akan harga yang murah atau diskon namun akhirnya tidak terpakai karena tidak sesuai dengan tujuan pembelian.
  4. Ada harga pasti ada kualitas. Pastikan hal tersebut. Karena belum tentu juga harga yang mahal akan memberikan kualitas yang baik. Jadi kualitas barang harus benar-benar diperhatikan.
  5. Jika membutuhkan kain dalam jumlah yang baik, lebih bijak jika Anda membeli atau mendapatkan sample kain tersebut terlebih dahulu.
  6. Pilihlah jasa ekspedisi yang bisa dilacak keberadaannya, sehingga Anda tahu keberadaan barang yang Anda beli saat proses pengiriman.
  7. Mintalah no resi pada toko online yang telah Anda pilih. Hal ini daoat Anda gunakan sebagai bukti pengiriman yang telah dilakukan setelah melakukan proses pembayaran.

Cara Perawatan Pakaian Berbahan Kain Hyget

Pakaian yang terbuat dari bahan hyget tidak membutuhkan perawatan khusus atau bisa dikatakan mudah. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari kain hyget itu sendiri.

  1. Dikarenakan bahan hyget merupakan bahan kain yang tipis, ada baiknya pisahkan bahan kain yng tipis dengan bahan kain yang lebih berat dan tebal.
  2. Rendam pakaian berbahan hyget dengan detergen lalu kucek. Pilihlah detergen yang tidak mengandung bahan pemutih.
  3. Bilas pakaian berbahan hyget hingga bersih dan pastikan jangan terlalu kuat dalam memerasnya.
  4. Jemur pakaian berbahan hyget dalam keadaan terbalik, supaya motif atau warna tetap terjaga dengan baik.
  5. Simpan pakaian berbahan hyget yang telah bersih ditempat yang kering.
  6. Untuk menghemat tenaga dan listrik, Anda tidak perlu menyetrikanya karena pakaian berbahan hyget akan halus dengan sendirinya.
  7. Untuk proses penyetrikaan jika memang ingin Anda lakukan, pastikan temperature yang digunakan tidak terlalu panas.

Secara umum pakaian yang berbahan hyget tidak mempunyai umur yang panjang. Namun jika perawatannya dapayt dijaga dengan baik, akan memberikan umur tambahan terhadap jenis kain ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top