jenis kain sutra

12 Jenis Kain Sutra dan Karakteristiknya

Tekstil ID – Siapa yang tidak mengenal kain sutra? Bahkan kain yang mempunyai predikat “The Queen of Fabric” merebut hati banyak kalangan ketika berbicara tentang  seabrek kelebihannya. Kain sutra terkenal dengan harganya yang mahal namun sebanding dengan kualitas yang mumpuni. Banyak produk yang bisa dihasilkan dari kain sutra, mulai dari fashion hingga untuk urusan kesehatan maupun kecantikan. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai jenis kain sutra yang beragam. Jenis kain sutra yang beredar dipasaran mempunyai nama masing-masing, namun nama pasar yang biasa digunakan tetaplah menjadi jenis kain sutra yang banyak dicari oleh banyak kalangan. 

Jenis-Jenis Kain Sutra

Kain Sutra Super 

kain sutra super

Berbicara mengenai kain sutra super, tentu kualitas yang dihadirkan begitu baik selayaknya kain sutra itu sendiri. Kain sutra super mempunyai 2 jenis yaitu kain sutra super 54 dan kain sutra super 56. Kain sutra super terbuat dari 100% bahan sutra asli. Keduanya sama-sama mempunyai karakter halus, lembut, berkilau dan mempunyai ketebalan yang pas. Lalu apa perbedaan dari kedua kain sutra tersebut? Kain sutra super 54 mempunyai ketebalan diatas kain sutra super 56, walaupun keduanya termasuk kategori kain sutra yang tidak tipis. Jenis sutra super ini dibuat dengan teknik anyaman satin sehingga permukaan jauh lebih berkilau.

Kain Sutra Kringkle

kain sutra kringkel

Kain sutra kringkle atau kain sutra cringle merupakan jenis kain sutra yang terbuat dari 100% sutra asli dan dihasilkan dari proses tenun mesin. Karakteristik kain sutra kringkle yang menjadi pembeda dengan kain sutra jenis lainnya adalah tekstur kerut atau flat-crepe yang ada di permukaannya. Namun tidak perlu dikhawatirkan, meskipun terdapat tekstur kerut kain sutra kringkle tetaplah lembut, halus dan ringan. Kain sutra kringkle masuk dalam kategori kain sutra dengan ketebalan yang tipis, sehingga sedikit menerawang. Kain sutra kringle sering diaplikasikan dalam pembuatan blouse ataupun syal yang mewah dan mahal. 

Kain Sutra Salur

Kain sutra selanjutnya adalah kain sutra salur. Jenis kain sutra yang diimport dari China ini terbuat dari 100% sutra asli dan dihasilkan dari proses tenun mesin sehingga menghasilkan kain sutra yang rapi dan tentunya halus. Kain sutra salur merupaka jenis kain sutra dengan perpaduan antara anyaman sutra super dengan organic. Ciri paling mencolok dari kain sutra sakur adalah motif salur yang indah di permukaannya. Ketebalan yang disuguhkan dari kain sutra salur tipis dan sedikit menerawang. 

Kain Sutra Organdi Kaca

Sama halnya dengan kain sutra salur, kain sutra organdi kaca juga diimport dari China. Kain ini dihasilkan dari proses tenun menggunakan mesin dsn terbuat dari 100% sutra asli. Kain sutra organdi kaca mempunyai ketebalan yang tipis, menerawang dan kaku. Namun, tetaplah kain sutra organdi kaca mempunyai karakter yang halus dan lembut. Kain sutra organdi kaca menjadi pilihan yang tepat ketika diaplikasikan dalam pembuatan gaun pengantin yang mewah dan elegan. 

Kain Sutra Organdi Kotak

Kain sutra organdi kotak merupakan jenis kain sutra yang mempunyai motif kotak-kotak di permukaannya dengan ukuran motif kurang lebih 1 cm. karakteristik dari kain sutra organdi kotak selain lembut dan halus, kain ini mempunyai ketebalan yang tipis, sedikit menerawang, ringan dan jatuh ketika digunakan. Kain sutra organdi kotak terbuat dari 100% sutra asli. 

Kain Sutra Sifon

kain sutra sifon

Kain sutra sifon merupakan salah satu dari jenis kain sutra yang tipis dan menerawang. Kain ini mempunyai karakteristik halus, lembut, ringan dan terdapat tekstur crepe yang lembut di permukaannya. Ciri lain dari kain sutra ini adalah tidak mempunyai kilau seperti kain sutra super ataupun habotai. kain sutra sifon terbuat dari 100% sutra asli. 

Kain Sutra Katun

Kain sutra katun merupakan jenis kain sutra  yang terbuat dari perpaduan bahan katun dengan bahan sutra. Kain ini diimpor dari China dan dihasilkan dari proses tenun menggunakan mesin. Meskipun terbuat dari katun dan sutra, kain sutra katun memberikan tekstur yang lebih lembut dan halus, selain itu kain ini mempunyai berat yang lebih ringan. 

Kain Sutra Habutai

sutra habutai

Kain sutra habutai merupakan jenis kain sutra yang berasal dari negara Jepang. Kain yang lembut dan halus ini dalam masyarakat Jepang sering digunakan sebagai media lukis sehingga karya yang dihasilkan akan bertahan hingga puluhan tahun. Selain digunakan sebagai media lukis, kain ini cocok digunakan sebagai bahan pembuatan blouse. Kilaunya yang pas membuat kain sutra habutai mempunyai kesan yang elegan. Kain sutra habutai terbuat dari 100% sutra asli. 

Kain Sutra Crepe

kain sutra crepe

Kain sutra crepe mempunyai tekstur halus, lembut, dan ringan. Karakter menonjol dari kain sutra crepe adalah terdapat kerutan di permukaan, kain yang terbuat dari 100% sutra asli ini, sangat ringan dan jatuh ketika digunakan dalam pembuatan dress ataupun blouse. Kesan mewah dan elegan yang dihadirkan dalam kain ini membuatnya menjadi kain yang sering diburu oleh orang pecinta kain sutra. 

Kain Sutra Thailand / Thaisilk

thai silk

Kain sutra Thailand atau yang terkenal dengan sebutan Thaisilk ini terbuat dari material 100% sutra asli dan mempunyai karakter lembut, halus, ringan, tipis, tidak kaku dan kilau yang pas. Kain sutra yang berasal dari negeri Thailand ini merupakan jenis kain sutra premium dengan keindahan yang mumpuni. 

Kain Sutra Timbul

sutra timbul

Kain sutra timbul hadir dengan sentuhan motif bunga yang indah. Kain yang terbuat dari bahan 100% sutra asli ini mempunyai karakter halus, lembut, ketebalan yang pas, dan kilauan yang indah. Kain sutra timbul menghadirkan motif kain yang dijamin berbeda dengan sutra pada umumnya yang biasanya polos atau motif kotak dan juga salur. Kain sutra timbul cocok digunakan untuk pembuatan bahan fashion ataupun home décor yang mewah. 

Kain Sutra ATBM

Kain sutra ATBM merupakan jenis kain sutra yang diproses dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin atau dengan cara tradisional. Karena diproses dengan ATBM, kain sutra ini tidak sehalus yang biasa dihasilkan dengan proses tenun mesin. Namun pada kenyataan, harga yang ditawarkan untuk Kain sutra ATBM akan lebih mahal dibanding harga sutra jenis lainnya karena dianggap lebih berseni dan limited edition. 

Beberapa jenis kain sutra yang ada dipasaran mampu memanjakan hati dan mata para pecinta kain di seluruh penjuru dunia. Bahkan segala jenis kain sutra yang terbuat dari bahan sutra asli ataupun  perpaduan antara kain sutra dengan kain katun tetap menawarkan kelebihannya masing-masing sehingga memberikan kepuasan yang maksimal.

Semua jenis kain sutra diatas kini sudah tersedia di tekstil.id. Jual kain sutra asli dengan harga murah ya di Tekstil ID saja.

Video Kain Sutra

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *